Sunday, September 18, 2016

Cara Membuat Film

Hay sobat, bagaimana ni kabarnya hari ini? Mudah – mudahan sobat selalu baik – baik saja ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat film, Dalam membuat film sebenarnya mudah sih sob, hanya perlu ke kreatifav dalam pembuatan film terutama dari ide ceritanya. 

Baik lah sob, sayaa tidak akan basa – basi untuk menyampaikan hal ini, Mari langsung saja simak secara seksama di bawah ini :
Pada umumnya ada berberapa tahapan dalam pembuatan film, Di antaranya iyalah :
Cara membuat film

1. IDE

Aaide merupakan awal mula dari sebuah film, Ide yang di miliki haruslah unik dan original. Ada berberapa cara yang dapat di lakukan untuk menemukan ide seperti : Melakukan pengamatan terus-menerus, jalan-jalan ke tempat yang aneh dan belum pernah didatangi manusia, nangkring di pohon asem di pinggir jalan sambil mengamati kendaraan yang lalu lalang, atau bahkan duduk santai di sebuah food court di suatu plaza atau mall. Melamun sendirian di dalam kamar juga bisa mendatangkan ide lho sob.

2. Sasaran

Setelah sobat mendapat kan ide dari film, sobat juga harus menentukan sasaran dari film sobat tersebut. Apakah sasaran nya untuk anak – anak, Koleksi pribadi, Murid SMU, maupun yang lainnya. Dan juga sobat harus menentukan siapa yang akan menonton film tersebut. Jangan sampai film tersebut untuk anak kecil tetapi adegan yang muncul adegan – adegan untuk orang dewasa.

3. Tujuan

Setelah ide dan sasaran di tentukan, Sobat haruslah menentukan tujuan dari film tersebut. Apakah untuk meningkatkan nasionalisme seperti Naga Bonar, Menyampaikan pesan – pesan, mendapatkan kepuasan pribadi, Maupun yang lainnya.

4. Pokok Materi

Berikutnya adalah menyusun pokok materi.  Pesan apa yang akan sobat sampaikan.

5. Sinopsis

Merupakan ringkasan cerita yang akan menjadi acuan cerita detailnya.

6. Treatment

Tahapan ini adalah penggambaran adegan-adegan yang nantinya akan muncul dalam cerita.  

7. Naskah

Merupakan cerita detaail dari sebuah film, yang di lengkapi dengan berbagai macam penjelasan  contoh dari naskah
FS ( full shoot ). Ali mengayuh becak. Ais duduk merenung, tidak mempedulikan Ali yang bolak-balik menatapnya.
Ali : Dak usah dipikir lah, Mbak…
Ais : (kaget) Heh? Apa, Bang?

8. Pengkajian

Merupakan pengkajian yang di lakukan oleh seorang ahli media. Dan yang di kaji iyalah apakah naskah nya sudah sesuai atau belum.

9. Produksi Prototipe

Proses ini dibagi jadi 3 sub-tahap, yaitu pra-produksi (penjabaran naskah, casting pemain, pengumpulan perlengkapan, penentuan dan pembuatan set, penentuan shot yang baik, pembuatan story board, pembuatan rancangan anggaran, serta penyusunan kerabat kerja), produksi (pengambilan gambar sesuai dengan naskah dan improvisasi sutradara), purna-produksi (intinya adalah editing).

10. Uji coba

Uji coba ini dilakukan dengan memutar prototipe di hadapan sekelompok kecil orang.  Uji coba n untuk mengetahui bagaimana respon dari para penonton.

11. Revisi

Merupakan perubaahan – perubahan yang di llakukan setelah di uju coba.

12. Preview

Merupakan pemutaran perdana, di hadapan para ahli isi, ahli media, sutradara, produser, penulis naskah, editor, dan semua kru yang terlibat dalam produksi. Yang berfungsi untuk mengethui apakah film tersebut berjalan sesuai rencana.

13. Pembuatan Bahan Penyerta

Bahan Penyerta itu adalah poster iklan, trailer, teaser. 

14. Penggandaan

Merupakan penggandaan film yang di gunakan untuk menjadi data arsip sobat.

Nah, itulah sob cara membuat film, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu sobat semua. Terima kasih telah mengunjugi situs web ini. majulah terus para sinais muda indonesia
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: