Monday, November 28, 2016

7 Elemen Desain Grafis

Hay sahabat, kembali lagi dengan kami. Admin yang tak puas-puanya akan membagi informaasi, ilmu atau wawasan seputar multimedia kepada anda semua. Pada kesempatan kali ini, kami diberi kesempatan kepada allah yang maha esa untuk memberikan ilmu kepada anda semua mengenai 7 Elemen desain Grafis. 

Dalam membuat sebuah desain tentunya tidak hanya mengandalkan sebuah inpirasi atau ide saja, melainkan harus mengerti juga sisi fundamental dari subuah desain itu sendiri. Yang mana sisi fundamental atau elemen dari desain itu ada 7 elemen yang wajib dipahami oleh para desiner. Langsung saja sahabat, untuk mempercepat pekerjaan ini dia elemen-elemen desain yang harus anda semua perhatikan,.;

1. GARIS

garis merupakan elemen yang paling dasar yang harus dipahami para desainer dalam mendesain gambar. Para sahabat mungkin sudah tahu ya, Apa fungsi dari sebuah garis,? Yang mana fungsi dari garis itu sendiri adalah untuk memisahkan ruang dan meletakkan desain pada lokasi yang kita inginkan.
Berikut sahabat gambaran garis yang admin siapkan buat anda semua:

2. WARNA

Warna merupakan elemen dari sebuah desain yang paling terlihat. Untuk itu dalam mendesain suatu gambar warna harus benar-benar diperhatikan. Fungsi dari warna itu sendiri kalau sahabat tahu adalah untuk membuat criteria dari gambar tersebut agar dapat menceritakan isi dari desain yang sahabat akan buat.

3. SHAPE

atau biasa kita sebut sbagai Bentuk dari sebuah desain,yang mana bentuk-bentuk itu sendiri harus benar-benar kita perhatikan dalam pembuatannya. Contohnya Sebelum membuat sebuah Shape sahabat harus fikirkan dan bayangkan terlebih dahulu bentuknya, mau bikin bentuk kotak ya harus bener-bener kotak jangan sampek elemen garis dalam pembuatan bentuk kotak tersebut mlencang-mlenceng.  Berikut contoh dari bentuk/shape:

4. SKALA

Bermain-main dengan skala dan ukuran objek, shape, tipe dan elemen lain memberikan nuansa pada desain. Bayangkan betapa membosankannya sebuah desain dari elemen-elemen yang berukuran sama.

5. HARMONI

Tujuan utama dari sebuah mendesain gambar adalah keharmonian. Menurut admin harmoni itu sendiri merupakan sebuah perasaan yang didapatkan dari desain yang kita buat,. Entah itu bagus atau jelek yang namanya bentuk pasti mempunyai sebuah harmoni. membuat Harmoni yang baik itu tidaklah semudah yang kita bayangkan, pastikan kedetailan dalam pembuatan bentuknya benar-benar diperhatikan, dan tidak berlebihan.

6. TIPOGRAFI

Yahhhh sperti yang kita ketahui semua, bahwa sebuah desain itu harus mempunyai pesan didalamnya. Untuk itu hal yang harus diperhatikan untuk membuat sebuah pesan dari desain adalah pemilihan Warna, tekstur dan peilihan huruf. Dalam membuat kata-kata selain dengan kata-kata yang jelas (dapat dimengerti semua orang) harus diperhatikan juga bentuk hurus dari kata-kata tersebut. Usahakan kata-kata itu mencerminkan sebuah desain yang kita buat. Berikut Contoh dari tipokgrafi;

7. SPACE

Selain para sahabat harus perhatikan 6 elemen yang ada diatas, elemen space harus juga diperhatikan, gunanya untuk menampilkan visual secara utuh dalam mendesain sebuah objek.  Space yang admin maksut disini adalah area kosong yang terdapat pada sebuah desain.

Huftttttt, demikian sedikit informasi tentang  7 dasar elemen dalam mendesain yang harus benar-benar diperhatikan buat anda, jika berminat untuk menjadi sebuah desainer,.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: