Sunday, October 21, 2018

Apa Itu PSU (Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja PSU)

Selamat sore sobat dunia maya semuanya. Bagaimana nih sob kabarnya hari ini. ? mudah – mudahan sobat semua selalu baik – baik saja ya sob. nah sob, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel yang mengenai Apa itu psu. Baiklah sob, lngsung saja kita ke penjelasan mengenai apa itu PSU.
Apa Itu PSU (Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja PSU)
Power Supply

A. PENGERTIAN POWER SUPPLY

Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Pada umumnya PSU berada di bagian belakang computer. System kerja dari PSU adalah mengubha arus AC ( arus bolak balik ) menjadi DC ( arus searah )

B. FUNGSI POWER SUPPLY

Fungsi dari power supply adalah sebagai media yang mentransfer atau menyuplai tegangan listrik secara langsung ke kompenen – kompenen yang ada di dalam ceasing PC. Power supply unit ini juga berfungsi sebagai media yang mengubah aliran arus listrik menjaadi AC menjadi DC.

C. CARA KERJA POWER SUPPLY

Power supply memiliki cara kerja yang berbeda dengan kommpenen lainnya. Pada saat computer di hidupkan power supply akan melakukan cek dan tes sebelum system start, Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang di sebut power good

D. JENIS-JENIS KONEKTOR POWER SUPPLY

Power supply sendiri mengunakan berbagai macam jenis konektor di antaranya adalah
sebagai berikut :
  1. Konektor 20/24 pin ATX Motherboard. Digunakan untuk mensupply tegangan ke motherboard. Pada Motherboard versi lama digunakan Konektor ATX 20 pin, sedangkan Motherboard yang sekarang/terbaru sudah menggunakan konektor ATX yang 24 pin.
  2. ATX 4 pin connector. Digunakan sebagai penyedia supply tegangan untuk Processor kelas Intel Pentium IV
  3. 4 Pin Peripherial Power Connector/Molex Connector. Digunakan sebagai supply tegangan untuk berbagai hardware seperti Hardisk IDE, CD ROM Drive dan Kipas Casing komputer.
  4. SATA Power Connector. Digunakan untuk mensupply tegangan untuk komponen hardware yang menggunakan interface SATA seperti Hardisk SATA dan CD/DVD ROM SATA.
  5. Floppy Drive Connector/Berg Connector. Konektor ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau pun external audio card. 
  6. 6 pin PCI-E connector. Konektor ini digunakan untuk memberikan tegangan yang terdapat pada beberapa graphic Card yang menggunakan slot PCI Express.

Baiklah sob, mungkin ini saja yag dapat admin sampaikan mengenai apa itu psu, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih telah mengunjungi halaman web ini..

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: