Wednesday, September 19, 2018

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen

Bagaimana nih sob kabarnya hari ini. ? mudah – mudahan sobat semua selalu baik – baik saja ya sob. nah sob, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel yang mengenai cara mengatasi laptop blue screen. Blue screen atau di kenal juga dengan Blue Screen of Death ( BSOD ) merupakan suatu masalah pada system computer yang di akibatkan adanya masalah dengan hardware mauppun software driver. Dan langkah satu – satu nya yang dapat sobat lakukan adalah dengan merestart laptop sobat

Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk sobat. Dengan menggunakan minidump ini sobat dapat memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.

Mungkin  saat terjadinya blue screen dan computer sobat secara tiba – tiba melakukan restart akan sangat menyulitkan bagi sobat apalagi jika sobat sedang melakukan tugas dan belum sempat di simpan. Namun sobat jangan lah khawatir, ada cara yang dapat sobat lakukan agar ketika terjadi blue screen computer sobat tidak melakukan restart secara tiba – tiba. 

Caranya iyalah : membuka System Security>System dan klik Change settings dibagian computer name, domain dan workgroup settings. Setelah itu pilih tab Advanced>Settings pada Startup and Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatically restart.

Namun jika sobat sering mengalami  masalah ini sobat jangan lah kwatir karna admin telah menyiapkan artikel untuk mengatasi blue screen pada laptop sobat. Berikut adalah cara mengatasi laptop blue screen :

1. Jika sobat menggunakan windows 7 ke atas ( 8 dan 10 ) informasi mengenai blue  screen akan di tampilkan di Action Center. 

Nah jika sobat ingin meetahuinya sobat bisa mengklik Check for Solutions pada menu maintenance. Dengan hal ini laptop ataupun computer akan memerikasa penyebab adanya blue screenyang terjadi pada lapop sobat. 

2. System Restore

Jika terjadi Blue Screen pada laptop sobat maka secepatnay sobat menggunakan system restore  untuk mengatasinya, karna dengan system restore akan membuat laptop sobat menjadi keadaan normal.

3. Scan Malware

Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

4. Install Update Driver 

Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer sobat.


5. Boot ke Safe Mode

Jika blue screen terjadi ketika sobat baru menyalaakan laptop maka sobat dapat menggunakan safe mode. Pada mode safe modesobat bisa memperbbaiki driver – driver yang menyebabkan terjadinya blue screen pada laptop sobat

6. Periksa Masalah Hardware

Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer sobat terlalu panas dan kekurangan fan.

7. Install Ulang Windows 

Jika semua cara di atas tekah sobat lakukan dan masih terjadi blue screen pada laptop sobat maka langah terkakhir adalah dengan cara menginstal windows

Baiklah sob, itulah sedikit informasi yang dapat saya informasikan kepada sobat semua. Mudah – mudahan setelah sobat membaca Cara Mengatasi Laptop Blue Screen ini bisa menambah dan mengatasi masalah sobat. Terima kasih telah mengunjugi halaman web ini
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: