Friday, December 16, 2016

Inilah yang dimaksud CD-ROM, Bentuk, Jenis dan Cara Kerjanya

CD-ROM Termasuk Dalam Satuan

CD-ROM Termasuk Dalam Satuan
Apa kabar sobat dumay, ? bagaimana nichhh kabarnya hari ini ,?semoga sobat dumay semua selalu sehat ya,. Oky sob pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel nichh mengenai CD-ROM. Kalo menurut sobat sendiri apa sichhh yang dimaksud dengan CD-ROM, bagaimana bentuknya, jenis-jenisnya dan bagaimana cara kerjanya,… semua pertanyaan itu akan terjawab sob Pada penjelasan dibawah ini, mangkanya itu langsung saja disimak ya penjelasannya!!!

Sebenarnya sebuah CD-ROM itu sobat, merupakan kepanjangan dari “Compact Disk Read-Only Memory” yang mengandung pengertian sebuah piringan kompak dari jenis piringan optic yang digunakan untuk menyimpan sebuah data. Untuk ukuran datanya sendiri yang dapat disimpan ke CD-ROM kurang lebih itu bisa mencapai 700 MB lo sobat, mangkannya itu CD-ROM Cuma bisa dipakai untuk membaca atau melihat sebuah CD saja.

Secara umum sob, kalo menurut tipenya CD-ROM itu dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu ATA/IDE dan SCSI perbedaan dari kedua tipe ini yaitu berada pada kecepatannya. 
Kalau ATA/IDE  itu mempunyai kecepatan yaitu 100-133 Mbps sedangkan kalau SCSI mempunyai kecepatan  lebih tingggi yaitu sekitar 150 Mbps. Mangkannya itu sob untuk tipe SCSI sendiri biasanya terdapat pada CR RW drive. 

Hemm kalo sobat pernah lihat Pada CD-ROM tertera tulisan 56X itu artinya kalo sobat mau tau yaitu kemampuan transfer data yang diberikan pada CD-ROM bertipe SCSI adalah 56X 150 Mbps. CD RW juga biasanya dapat dibedakan berdasarkan kemampuan dalam membaca dan mem-burning lo sobat. 

CD RW bertipe 12X8X32X itu memiliki arti kalau kemampuan dalam memburning pada CD R itu secepat 12X, memburning pada CD RW secepat 12X dan membaca CD R/CD RW/ dengan kecepatan paling tinggi 32X.

Pada sebuah CD-ROM itu sob informasi yang dapat tersimpan juga dapat berupa angka 0 dan angka 1 hal itu menunjukan bahwa suatu keadaan lapisan tertentu yang terdapat pada  sebuah CD-ROM. Intinya semua CD itu memberikan sebuah informasi melalui teknik suatu sinar yang diarahkan kepada suatu posisi yang akan dipantulkan ketitik tertentu. Perbedaannya terdapat pada bagaimana  cara CD itu melakukannya. Kalau pada CD-ROM mau dipantulkan atau tidaknya suatu sinar itu dilihat oleh cetakan yang dipakai. Jadi cetakan yang dipakai itu harus menyesuaikan informasi data yang mau disimpan. Setelah data itu dicetak,  sobat tidak akan bisa lagi mengubah data digital yang sudah tersimpan pada CD-ROM.

Dan harus sobat tahu CD-ROM itu biasanya mempunyai 4 bagian, 4 bagian itu adalah Label, Protective Layer, Reflective layer dan Polycarbonate Plastic. Pada pembacaannya sendiri CD-ROM akan diputar dengan kecepatan sudut yang tinggi. Maka dari itu pola yang  dihasilkan pada CD-ROM wajiblah memiliki tingkat presesi yang besar/tinggi. Pada sebuah CD-ROM zaman sekarang itu sobat kecepatan sudut yang terjadi akan terus dipertahankan sampai pembacaan bagian terluar dari CD-ROM tersebut.

Semua ini akan membuat kecepatan dalam membaca informasi semakin tinggi pada daerah yang semakin luar. Dalam arti kecepatan sperti ini CD-ROM yang dipakai juga harus mempunyai tingkat presesi yang tinggi pula. Oleh karena itu wajar saja bila suatu CD-ROM Drive akan melakukan pembacaan dengan kecepatan yang lebih rendah terhadap CD-ROM yang sudah mengalami banyak gangguan seperti halnya goresan dll.

Hemmm cukup sekian sobat informasi tentang CD-ROM yang dapat admin berikan, semoga dalam penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan ilmu sobat sumua ya, Apalagi kalo mencari ilmunya sobat stay di Menggaliilmu.com hemmm dijamin deh berkah hehehehehe, Oky semoga sukses … dan terima kasih atas kunjungannya ya.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: