Thursday, December 1, 2016

Unsur-Unsur Komunikasi Grafis

Unsur-Unsur Komunikasi Grafis
Gimana kabarnya hari ini sahabat??? semoga selalu diberi keberkahan oleh sang maha kuasa ya..,.. kembali lagi bersama kami, admin blog yang gak bakal pernah puas buat ngasih informasi, ilmu dan wawasan buat kalian para sahbatku semua. 
Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan wawasan baru buat kalian semua tentang seputar Unsur-unsur Komunikasi Grafis. Hemmsss Menurut kalian apa sichhh yang dimaksud dengan Komunikasi Grafis itu???... 
Kalo Menurut admin sendiri yang namanya komunikasi grafis itu merupakan suatu proses penyampaian pesan melalui media gambar. Hehehehe singkat dan padat,. Bagian-bagian komunikasi grafis yang harus benar dan benar sahabat perhatikan adalah text, ilustrasi grafis tersebut dan sebuah warna yang akan dihasilkan.

Sebuah Media Komunikasi Grafis sendiri kalo sahabat tahu dapat dibagi menjadi 5 Bagian, yaitu: 

  • media cetak, misal stiker, sampul buku, poster, selebaran (leaflet), kop surat, katalog
  • media luar ruangan, misal spanduk, papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard
  • media elektronik, misal radio, televisi, internet, animasi computer
  • media display, misal etalase, desain gantung, floor stand
  • barang kenangan, misal kaos, topi, paying, aneka souvenir


Berikut penjelasan-penjelasan seputar komunikasi grafis

  1. Grafis itu merupakan sebuah bentuk komunikasi terlihat (visual) dimana dengan sebuah titik atau goresan sederhana orang dapat mengkomunikasikan pesan kepada orang lain.
  2. Komunikasi grafis dapat diartikan sebagai proses penyampaian lambang-lambang yang mengandung pengertian tertentu oleh seseorang kepada orang lain melalui media cetak.
  3. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. 


Didalam sebuah Seni desain grafis itu harus mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Penerapan desain grafis itu sendiri dapat ditemukan pada sebuah buku, majalah, spanduk, brosur dan masih banyak lagi. 

Grafis memiliki bagian-bagian atau unsur-unsur yang dapat digabungkan dan dirancang dengan baik untuk menghasilkan sebuah media komunikasi yang komunikatif dan sugestif. bagian komunikasi grafis yang vital adalah teks, ilustrasi dan warna. Unsur lain yang sering digunakan sebagai penekanan pesan adalah banner dan flash/pancaran sinar.

Untuk lebih dapat memahami unsure-unsur dari sebuah komunikasi grafis, sahabat bisa langsung saja perhatikan penjelasan-penjelasannya dibawah ini:

1. Teks

Didalam komunikasi grafis Teks terdiri atas bagian judul (headline), subjudul, naskah (body copy), logo dan kata penutup.
Simak penjelasannya:

a) Judul

Judul merupakan bagian terpenting dari teks yang berfungsi untuk menarik perhatian dan merupakan hal yang pertama dibaca. Judul mampu mengarahkan pembaca untuk lebih jauh mengetahui tentang isi pesan atau produk yang ada didalamnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul adalah:

  • Bentuk huruf mendukung judul dan memancarkan watak tulisan
  • Judul kontras dengan teks lainnya (warna, ukuran, bentuk)
  • Tempatkan dalam frame atau bingkai
  • Kata tidak terlalu panjang, mudah dibaca
  • Tempatkan judul ditengah-tengah
  • Hindari judul dengan huruf kapital semua


b) Subjudul

Subjudul merupakan lanjutan keterangan dari judul yang menjelaskan makna atau arti dari judul dan umumnya lebih panjang dari judulnya. Subjudul dapat juga disebut sebagai kalimat peralihan yang mengarahkan pembaca dari judul ke kalimat pembuka dari naskah. Ukuran huruf dalam subjudul biasanya lebih kecil dari judul.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendesain subjudul :

  • Subjudul serasi dan saling mendukung dengan judulnya
  • Hindari penempatan dibawah kolom
  • Gunakan warna berbeda dengan warna teks naskah
  • Gunakan garis dibawah atau diatas subjudul untuk kejelasan
  • Sesuaikan jenis huruf dengan judul dan naskah
  • Gunakan tipe huruf yang kontras


c) Naskah

Naskah adalah kalimat yang menerangkan lebih rinci tentang isi pesan yang ingin disampaikan, berfungsi untuk mengarahkan pembaca dalam mengambil sikap, berpikir dan bertindak lebih lanjut.

d) Logo

Logo adalah tanda pengenal yang tetap dari perusahaan atau institusi yang dibuat secara singkat, sederhana dan komunikatif menggunakan huruf dan gambar. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan visualisasi logo adalah sejarah, identitas atau kekhasan, unik, asosiatif, artistik, simbolik.

e) Kata penutup

Kata penutup adalah kalimat pendek yang jelas, singkat, jujur dan jernih yang biasanya bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk membuat keputusan.

2. Ilustrasi

Ilustrasi merupakan unsur grafis yang sangat vital dan dapat disajikan mulai dari goresan atau titik sederhana sampai dengan yang kompleks. Ilustrasi berfungsi untuk :

  • Menarik perhatian
  • Merangsang minat pembaca terhadap keseluruhan pesan
  • Memberikan penjelasan atas pertanyaan
  • Menonjolkan keistimewaan produk
  • Memenangkan persaingan
  • Menciptakan suasana khas
  • Dramatisasi pesan


Ilustrasi sendiri dapat berupa gambar, foto maupun grafis lainnya.

3. Warna

Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seseorang, terutama warna background. Warna merupakan unsur penting dalam grafis karena memberikan dampak psikologis kepada orang yang melihatnya. Untuk mencapai desain warna yang efektif dapat dimulai dengan memilih warna yang dapat merepresentasikan tujuan dari media komunikasi grafis yang dibuat. 

Media komunikasi grafis adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada publik dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis.

Demikian sahabat uraian dari sebuah komunikasi grafis, arikel ini admin tujukan untuk pemahaman saja karenakan pastinya kita dalam membuat sebuah desain grafis itu harus mempunyai pesan didalamnya, oky Good luck,. Semoga bermanfaat …… 
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: