Sunday, October 28, 2018

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak

Selamat malam sobat dunia maya semua, bagaimana nih sob kabarnya hari ini? Mudah – mudahan sobat selalu baik – baik saja ya sob. nah sob, pada kesempatan malam hari ini admin ingin membagikan cara memperbaiki baterai laptop rusak.  Baterai merupakan suatu perangkat keras laptop yang berfungsi sebagai penyimpan daya yang di mana jika kita telah mengunkan baterai maka sobat tidak perlu lagi harus menghubungkan ke arus listrik. 

Namun bagaimana jika terjadi kerusakan pada baterai laptop sobat??? Nah sobat tidak perlu binggung lagi karna admin akan memberikan solusi  terbaiknya degan cara memperbaiki baterai tersebut.

Silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini untuk memperbaiki baterai laptop rusak :

1. Yang pertama adalah lepas baterai dari laptop dan bongkar casing baterai dengan menggunakan obeng minus atau pisau khusus pcb karena baterai laptop tidak dirancang untuk di service jadi tidak ada bautnya.
Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak


2. Sobat harus Hati-hati saat membuka casing baterai karena didalamnya ada rangkaian circuit board baterai. Jangan sampai tergores pisau dan jalurnya putus. Mulailah dari samping ke belakang agar rangkain yang di bagian colokan tidak tercongkel pada saat membuka baterai. Jangan mulai dari posisi socket atau colokan karena di situlah lokasi rangkaian circuit baterai laptop. Proses yang rapi juga membuat kondisi casing tetap baik dan 'pantas' untuk dipasang kembali ke laptop.


3. Setelah berhasil terbuka, buat skema rangkaian baterai laptop sesuai aslinya, dan skema ini bisa berbeda sesuai merk laptop. Kita bisa photo pakai HP dulu agar tidak bingung saat memasangnya lagi.

4. Lepas solderan baterai dari rangkaian.



Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak

5. Perhatikan juga sebelum lepas solderan battery yang akan diperbaiki / diganti. Saat menggunakan solder jangan terlalu lama karena baterai lithium bisa MELEDAK. Musuh utama baterai lithium adalah panas.

6. Cari kode nomor ukuran cell baterai, misalnya tertulis 18650 artinya adalah panjang cell baterai 18 milimeter dan besarnya lingkar cell baterai 65 milimeter. Usahakan beli baterai laptop yang sama agar cell bateries dapat dimasukkan pada casing baterai laptop. Kalaupun besarnya beda, janganlah terlalu besar selisihnya. Yang penting masih muat di case baterai laptop. Semua tegangan/voltase Lithium battries laptop 3.6 volt, tapi kapasitasnya daya (mAH) berbeda. Usahan beli cell baterai laptop yang sama persis. Lebih besar lebih baik. Analoginya seperti 1 botol air 500ml dan 1000ml (1Liter), sama 1 botol tapi beda isinya. Jika bingung, bawa saja baterai yang rusak ke toko penjual baterai dan mintalah ukuran yang sama. Setelah terlepas semua cek satu-persatu baterai lithium yang mati (death cell). Lalu gantilah cell baterai yang rusak dengan baterai lithium yang baru.

7. Pemasangan cell batteries baru dengan memperhatikan posisi +  dan -, pemasangan baterai laptop baru yang terbalik dapat membuat baterai lithium MELEDAK.

8. Pastikan pemasangan cell lithium batteries sesuai dengan skema yang sudah dibuat. Cek ulang rangkaian dengan AVO/multi tester.

9. Susun rangkaian cell batteries laptop yang baru kedalam casing kembali. Gunakan lem 'glue stick' atau 'alteco'/Lem G *

Baiklah sob, itulah sedikit informasi menngenai cara memperbaiki baterai laptop rusak, semoga bermanfaat… 
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: