Tuesday, October 30, 2018

Cara Memasang LCD Laptop

Pada kesempatan Kali ini admin akan menjelaskan mengenai cara memasang LCD laptop. Kerusakan pada LCD laptop sobat kemungkinan saja bisa terjadi. Dan untuk menggati LCD laptop yang baru memerlukan dana yang cukup tebal sob. Harga LCD laptop berkisaran dari 500.000 – 1.500.000 ribu rupiah ( belum biyaya teknisi ). Namun sobat tidak perlu kwatir lagi, karna pada postingan kali ini admin akan membagikan cara memasang LCD laptop secara otodidak untuk mengurangi biyaya teknisi. Baiklah sob, admin rasa tidak perlu banyak basi – basi silahkan perhatikan langkah – langkah di bawah ini :
Cara Memasang LCD Laptop

Cara Memasang LCD Laptop :

Sebelum memasng LCD laptop yang baru sobat terlebih dahulu melepas LCD laptop sobat yang lama. Silahkan perhatikan langkah – langkah membuka LCD laptop di bawah ini 
  1. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah Matikan laptop dan lepas semua sumber listrik seperti charger dan baterai
  2. Setelah itu buka satu-persatu baut pengunci tutup chasing bagian layar LCD/LED Laptop
  3. Congkel perlahan dengan dari atau obeng kecil yang tipis mulai dari sudut-sudut chasing penutup LCD atau LED laptop
  4. Setelah berhasil melepas chasing penutup LCD, lepaskan kabel flexibel dan inverter
  5. Lepas baut pengunci LCD satu persatu dari besi penyangga pada engsel laptop dengan sangat hati sambil memegang layar LCD atau LED Laptop dengan satu tangan agar tidak jatuh.
  6. Selesai sudah pekerjaan melepas lcd laptop, untuk memasang layar LCD/LED yang baru Anda tinggal mengikuti langkah-langkah diatas mulai dari yang bawah keatas sampai semua benar-benar terpasang kembali dan layar laptop Anda bekerja dengan baik.

Ada berberapa hal yang harus sobat perhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengganti LCD laptop sobat.

  1. Pastikan kerusakan benar-benar pada LCD/LED Laptop Sobat  ( Ex: LCD Pecah, LCD mati dl ).
  2. Pastikan kabel Flexibel LCD dalam kondisi baik (Pengecekan ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan LCD Laptop yang baik, atau dengan multi tester)
  3. Pastikan Inverter dalam kondisi baik (Pengecekan ini bisa dilakukan sama dengan pengecekan kabel Flexibel LCD)
  4. Pastikan laptop tetap dalam kondisi bisa dioperasikan jika di pasang ke layar eksternal seperti proyektor / LCD CPU (Bisa masuk Windows)

Jika ke 4 faktor di atas sudah sobat pastikan maka sobat bisa menggantinya, namun admin sarankan jika sobat tidak mengerti sama sekali mengenai  pernagkat hardware pada computer sebaiknya di damping oleh orang yang sudah berpengalaman atau pun mengerti mengenai perangkat – perangkat hardware.
Baiklah sob, mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan. Semoga dengan adanya postingan mengenai cara memasang LCD laptop dapat membantu sobat semua. Terima kasih telah mnegunju gi halaman web ini.

Untuk Anda yang sudah mengerti tentang seluk-beluk hardware, mengganti LCD/LED Laptop tidak akan sulit, bahkan bisa dibilang sangat mudah. Dengan catatan tetap memperhatikan beberapa hal menyangkut notebook yang akan Anda ganti LCD/LEDnya. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memesan/membeli lcd/led laptop:
  1. Pastikan jenis layar laptop Anda apakah bertipe LCD/LED (Biasanya tertera pada Laptop)
  2. Pastikan Anda membeli LCD/LED yang pas dengan casing/bodi laptop Anda (Apakah tipis/tebal)
  3. Pastikan LCD/LED yang Anda pesan/beli sesuai untuk jenis dan tipe laptop Anda
  4. Pastikan uang Anda Ada..hahaha serius amat dari tadi bacanya sob :v kalo ngak ada duit jangan dulu buru-buru ke toko sparepart/aksesoris laptop/komputer ya sob?

Demikianlah artikel Tips Melepas dan Memasang LCD Laptop, semoga bermamfaat bagi sahabat semua. Mohon ma'af untuk sementara belum tersedia gambar tutorial, insyaallah jika tidak banyak kegiatan akan saya update artikel ini lengkap dengan gambar.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: