Friday, October 26, 2018

Cara Memperbaiki Hardisk

Cara Memperbaiki Hardisk
Hardisk Drive
Hy selamat sore sobat dunia maya, bagaimana nih sob kabarnya pada sore hari ini? Mudah – mudahan sobat selalu baik – baik saja ya. Nah sob pada kesempatan sore hari ini admin ingin membagiakan sedikit informai mengenai cara memperbaiki hardisk.
Hardisk merupakan salah satu  kompenen computer yang sangat di butuhkan oleh computer. Karna hardisk berfungsi sebagai media penyimpanan bagi laptop maupun PC sobat. Namun bagaimana jika terjadi kerusakan pada hardisk sobat? Kerusakan pada hardis ada berberapa macam sob, saah satunya adalah bad sector atau hardis tidak terbaca. Namun sobat tidak perlu binggung lagi karna admin akan memberikan solusinya. 

Silahkan sobat perhatikan langkah  - langkah di bawah ini.
  1. Untuk penanganan awal sobat bisa menggunakan perintah Format C: ( sesuaikan dengan drive yang hendak di format ).
  2. Namun Jika cara tersebut belum berhasil, sobat bisa menggunakan program disk manager dari masing-masing pabrik pembuat hardisk.
  3. Jika cara tersebut belum berhasil juga, sobat dapat menggunakan software HDDREG, software tersebut dapat sobat dapatkan di situs – situs web.
  4. Jika masih belum berhasil juga, maka coba Low Level Format atau Zero File. Memformat hardisk yang akan mengakibatkan file di dalam hardisk hilang.
  5. Jika 4 cara di atas masih tidak bisa juga, sobat dapat memotong sektor hardisk yang rusak dengan cara membagi hardisk serta tidak menggunakan hardisk yang rusak.

Selain di akibatkan bad sector kerusakan hardisk juga bermasalah tidak terbaca oleh BIOS.
Jika masalah seperti ini ada beberapa cara yang dapat sobat lakukan. Silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini :
  1. Pertama sobat  harus melihat pengaturan BIOS tersebut, dimana hardisk disetting OFF sehingga tidak terbaca. Solusinya rubah pengaturan hardisk pada BIOS setting hardisk ON.
  2. Selain itu, Cek arus listrik pada kabel hardisk, kesalahan kecil seperti ini sering terjadi jika sobat tidak memperhatikan benar-benar saat pemasangan hardisk seperti kabel terputus, keslahan memasang tidak sesuai tempat dan lain sebagainya, dalam hal ini sobat  harus memasang ulang kabel hardisk.
  3. Jika masih tidak bisa juga Lihat piringan hardisk, jika kesalahan dari piringan hardisk yang tidak berputar karena aliran listrik tidak mendukung, maka periksa ulang keadaan kabel hardisk apakah dalam keadaan baik, coba tukar dengan kabel power lainnya, namun jika berbagai cara tersebuat sudah sobat coba tapi tidak berhasil kemungkinan memang terjadi kesalahan pada hardisk itu sendiri.
  4. Cek pemasangan jumper yang sesuai, jika mengalami kesalahan memang tidak akan dapat terdeteksi.

Baiklah sob, itulah sedikit imformasi dari saya cara memperbaiki hardisk. Semoga dengan sedikit informasi ini bisa menambah wawasan sobat semua. Terima kasih telah mengunjugi halaman web ini.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: